Macam-macam Jaringan pada Komputer

Selamat datang di blog SayaTiyo, ini adalah postingan pertama saya di blog ini. Dan kali ini saya akan membahas mengenai jaringan. Untuk era sekarang sepertinya hampir setiap saat kita selalu bersentuhan dengan perangkat seperti handphone, TV, PC dan radio. Agar dapat menikmati salah satu fungsinya, perangkat-perangkat tersebut diharuskan terhubung ke jaringan. Contohnya untuk dapat berfungsi menelpon, sebuah handphone harus mendapatkan sinyal.

Manfaat lainnya yang sangat penting dengan adanya jaringan yaitu penyebaran informasi menjadi lebih cepat untuk diterima oleh banyak orang. Bahkan jika ada teman tinggal jauh beribu-ribu kilometer jarakanya dari kita, kita tetap bisa saling bertatap muka dan berbicara tanpa harus bertemu di satu tempat yang sama.

Itulah tadi beberapa maafaat adanya jaringan secara umum. Dan untuk kali ini yang akan dibahas lebih spesifik ke jaringan pada sebuah komputer.
foto Jaringan komputer
Jaringan Komputer

Jaringan komputer dapat diartikan sebagai terhubungnya dua perangkat komputer atau lebih, sehingga perangkat-perangkat tersebut dapat saling berkomunikasi dan bertukar data atau file antara satu dengan lainnya.

Untuk membangun sebuah jaringan komputer diperlukan transmisi atau perantara, ada 2 macam bisa menggunakan Kabel dan Nirkabel (wireless ). Wireless sendiri ada beberapa jenis seperti Wireless dengan frekuensi radio, Wi-fi, Bluetooth, WiMax dan Wireless LAN.

Macam-macam Jaringan pada Komputer

1. PAN ( Personal Area Network )
Merupakan jaringan yang ruang lingkupnya sangat dekat atau bisa dikatakan hanya beberapa meter saja. Jaringan ini menggunakan koneksi Wireless Application Protocol (WAP) dan Bluetooth.
Contohnya perangkat kita sehari-hari yang ada di rumah seperti TV, Laptop dan Smartphone dapat kita saling koneksikan menggunakan Wireless Display untuk menampilkan visual smartphone ke layar TV. Dengan syarat perangkat-perangkat tersebut di atas memiliki teknologi yang mendukung.
Foto jaringan PAN
Jaringan PAN

2. LAN ( Local Are Network )
Merupakan jaringan yang hanya mencakup wilayah kecil saja, contohnya di warnet, perkantoran, atau sekolah. Umumnya jaringan LAN luas areanya tidak lebih dari 1 km persegi. Biasanya jaringan LAN menggunakan teknologi IEEE 802.3 Ethernet yang mempunyai kecepatan transfer data sekitar 10, 100, bahkan 1000 MB/s. Selain menggunakan teknologi kabel, ada juga yang menggunakan teknologi nirkabel seperti Wi-fi untuk membagikan jaringannya.
Foto Jaringan LAN
Jaringan LAN

3. MAN ( Metropolitan Arena Network )
Merupakan jaringan yang mencakup beberapa kota dengan dibekali kecepatan transfer data yang tinggi. Jangkauannaya berkisar antara 10-50 km. Biasanya menghubungkan antar jaringan LAN seperti antar kampus, perkantoran, instansi pemerintahan, dan sebagainya.
Foto Jaringan MAN
Jaringan MAN

4. WAN ( Wide Area Network )
Merupakan jaringan dengan jangkauan yang sangat luas bisa mencakup antar kota, provinsi, negara bahkan antar benua yangsaling terhubung satu sama lain dengan menggunakan layanan yang disediakan oleh operator telekomunikasi. Jaringan WAN biasanya menghubungkan antara jaringan LAN satu dengan LAN lainnya yang sudah tidak terjangkau oleh jaringan MAN ( Metropolitan Area Network ).
Foto jaringan WAN
Jaringan WAN

Techno enthusiast dan penulis amatir
di Hapeplus.com